Politeknik PGRI (POLGRI) Banten baru-baru ini melepas puluhan mahasiswa program Diploma Tiga (D-3) untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di wilayah Serang dan Cilegon. Kegiatan ini merupakan bagian dari program rutin kampus dalam rangka memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat serta mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh mahasiswa selama perkuliahan.
Acara dibuka langsung Arief Rahman, SE,.MM selaku Direktur POLGRI (Politeknik PGRI Banten), Arief mengatakan bahwa PKM ini merupakan kegiatan wajib mahasiswa dan dosen , PKM ini di lakasanakan kolaborasi antara mahasiswa dan dosen. Sesuai amanat pemerintah melalui program MBKM (merdeka Belajar kampus merdeka) bahwa mahasiswa harus mendapatkan pengalaman diluar kampus. Sekaligus menjalankan tridharma perguruan tinggi yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian.
Ditambahkan juga oleh solihin, S.Kom,.M.Kom (Wadir 1 Bidang Akademik) Pada PKM ini di ikuti oleh 65 mahasiswa tingkat 1 dari 3 prodi diploma tiga (D3) . PKM ini juga dibentuk kelompok menjadi 8 kelompok dan juga di dampingi para dosen tetap POLGRI sebagai pembimbing PKM, tema PKM mahasiswa POLGRI adalah sebagai berikut :
Kelompok 1 dengan tema“ Peningkatan Keterampilan Teknis Santri Melalui Pelatihan Pengelasan Dan Pembuatan Rak Sepatu Di Pondok Pesantren” lokasi PKM di Ponpes Cipocok Serang, Kelompok 2 “ Menciptakan Pemikiran Kreativitas Pada Lingkungan Masyarakat” lokasi PKM di Kab Serang, Kelompok 3 tema “Gambar Teknik Berbasis Aplikasi Autocad”, Kelompok 4 “Pelatihan Pembuatan Alat Elektronika Sederhana ” Lokasi di SMP Madinatul Hadid , Kelompok 5 “ Menjelaskan Hasil Karya Mahasiswa Inverter Dc To Ac “ lokasi di Kp. Cinanggung Desa Cikoneng, kelompok 6 “Dispenser Otomatis Sabun Sederhana “ lokasi di kel.serdang, Kelompok 7 “Peningkatan Softskill Siswa Smk 1 Kramatwatu Melalui Pendampingan Pembuatan Website Dan Desain Grafis” lokasi di Smk 1 Kramatwatu , Kelompok 8 “ Pelatihan Dan Pembuatan Website Sederhana Dengan Menggunakan Google Sites “ Lokasi di SMKN 3 Cilegon.

Para mahasiswa yang terlibat dalam program ini akan menjalankan berbagai kegiatan, termasuk: Pelatihan keterampilan untuk meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat, Penyuluhan dan pendampingan teknis dalam berbagai bidang, seperti teknologi, Desain Grafis, Literasi dan komputer, Proyek sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat setempat

Pengabdian masyarakat ini tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat Serang dan Cilegon, tetapi juga memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa. Mereka dapat mengasah keterampilan interpersonal, meningkatkan pemahaman tentang kondisi sosial ekonomi di lapangan, dan mengembangkan kemampuan profesional yang dibutuhkan di dunia kerja.

Politeknik PGRI Banten berharap melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat menumbuhkan rasa kepedulian sosial dan tanggung jawab, serta memperkuat hubungan antara kampus dan masyarakat. Program ini juga diharapkan dapat menjadi langkah nyata dalam mendukung pembangunan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Banten.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan bagian dari komitmen Politeknik PGRI Banten untuk mencetak lulusan yang tidak hanya kompeten secara akademis, tetapi juga memiliki kepedulian sosial yang tinggi dan mampu memberikan kontribusi positif bagi lingkungan sekitarnya.

Leave a Comment