Pada Tanggal 29 Mei 2024, Kaprodi bersama perwakilan mahasiswa Bisnis Digital Politeknik PGRI Banten melaksanakan kunjungan ke ByteDance Indonesia. ByteDance Indonesia berada di Millennium Centennial Center (MCC) Jakarta. ByteDance merupakan perusahaan teknologi internet di China yang didirikan oleh Zhang Yiming pada Tahun 2012. ByteDance meluncurkan Douyin, aplikasi video dengan durasi pendek pada September 2016. Kemudian ByteDance membawa Douyin ke pasar di luar China dengan nama Tik Tok pada September 2017.

Perkembangan Tik Tok menjadi Salah satu kesuksesan ByteDance, karena pengguna aplikasi dengan video berdurasi pendek semakin masif. Berdasarkan review internal Tik Tok pada April 2023, saat ini Indonesia merupakan negara kedua tertinggi sebagai pengguna Tik Tok yaitu sebanyak 113 juta pengguna. Hal ini merupakan peluang bagi pasar di Indonesia untuk meningkatkan kretivitas para penggiat konten, serta menjadi media promosi bagi para pelaku usaha.

Melihat pesatnya kemajuan Tik Tok secara mendunia termasuk Indonesia, membuat kami ingin mengetahui bagaimana Tik Tok ini bisa menjadi salah satu Aplikasi yang banyak penggunanya di Indonesia. Untuk itu kami mengunjungi ByteDance Indonesia guna mengetahui relevansi perkuliahan Bisnis Digital dengan dunia TikTok karena melihat peluang untuk belajar serta menambah wawasan tentang dunia bekerja bagi para mahasiswa/i Bisnis Digital khususnya.

Disana kami diberikan informasi tentang ByteDance, Tik Tok,  Tik Tok Shop, dan Aplikasi lainnya. Kami juga diberikan informasi tentang algoritma Tik Tok, cara agar video kita trending, video apa saja yang tidak bisa di upload, cara membuat tagar, dan lainnnya.

Selain itu, kami juga mendiskusikan tentang kerja sama “TikTok as Official Social Media  Politeknik PGRI Banten” yang merupakan salah satu bentuk support Tik Tok untuk POLGRI. Semoga kedepannya akan terus terjalin kerjasama yang baik.

Leave a Comment